07 April 2013

Wilis Travel Guide (East Java - Indonesia)


Kami mengajak rekan-rekan untuk memberikan kontribusi yang signifikan dan terpercaya untuk kita semua. Help us out and give us some insight. Let's spread the beauty to the world. Share the love!
Keterangan
Gunung Wilis adalah sebuah gunung non-aktif yang terletak di Pulau Jawa, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Gunung Wilis memiliki ketinggian 2552 meter, serta puncaknya berada di perbatasan antara enam kabupaten yaitu Kediri, Tulungagung, Nganjuk, Madiun, Ponorogo, dan Trenggalek. Obyek wisata Gunung Wilis yang paling banyak adalah air terjun, namun belum begitu dikembangkan hingga saat ini. Daerah perbukitan Gunung Wilis pernah dilalui oleh Jendral Sudirman sebelum melakukan serangan sebelas maret ke Yogyakarta.


Untuk mendaki ke Gunung Wilis dari arah timur, pendakian dapat dimulai melalui Kabupaten Kediri tepatnya Kecamatan Mojo. Jalan menuju ke puncak gunung Wilis sudah dibangun memadai melalui Mojo. Sementara itu dari arah selatan Gunung Wilis dapat didaki dari Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung. Apabila ingin mencapai Gunung Wilis dari arah utara, pendakian dapat dimulai dari Kabupaten Nganjuk, sementara dari arah barat, pendakian dapat dimulai dari Kabupaten Ponorogo atau Kabupaten Madiun.

Gunung Wilis mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan hutan Ericaceous atau hutan gunung. Walau berada di ketinggian, kawasan wisata air terjun di lereng Gunung Wilis mudah dijangkau. Hotel juga tersedia. Tunggu apa lagi? Gunung Wilis memang tak sekondang Gunung Bromo. Padahal, Gunung Wilis memiliki panorama alam yang tak kalah menakjubkan. 

Anda yang suka pada panorama air terjun, bersiaplah untuk terpesona. Betapa tidak, beberapa air terjun dengan panorama yang memukau di sekelilingnya, bisa ditemui di sisi timur Gunung Wilis ini. Ada air terjun Sedudo, Roro Kuning, Pacoban Ngunut, Pacoban Coban, serta air terjun Ngleyangan. Di sisi barat, ada air terjun Pletuk. Semua air terjun itu tampil dengan wajah asli-alami. 

Destinasi wisata lain adalah Bendungan Wonorejo, Telaga Ngebel, Gua Maria, Guo Lowo, Kali Anget, Wanatirta, Candi Lor, Ngembag, Kintamani, Umbul, INKA, dan masih banyak lagi. Selain wisata alam, juga ada wisata budaya yaitu Grebeg Suro dan Larung Sesaji di Telaga Ngebel yang diadakan setiap tanggal 1 Suro.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar