07 September 2013

Tips Windows 8

V5-571P silver Win8 straight_575px

9 Hal dari Windows 8 yang Harus Diketahui

Apakah spAcer termasuk di antara pengguna PC berbasis sistem operasi (OS) Windows 8 yang belum familiar dalam pengoperasiannya?  Untuk pengalaman yang lebih optimal, simak tips and trik yang harus spAcer tahu sebelum menggunakan Windows 8 sebagai sistem operasi andalan.


Pelajari hotkeys/shortcut

Dalam penggunaannya Windows 8 akan lebih mudah apabila spAcer mengetahui shortcut/hotkeys dalam penggunaannya. Contohnya;

Menekan tombol Windows untuk masuk ke layar awal.
Tombol Windows + E untuk membuka Explorer agar cepat untuk mengakses folder.
Tombol Windows + Tab untuk membuka program yang sedang berjalan.
Tombol Windows + Q untuk membuka menu search.
Dan hot keys lainnya yang bisa dipelajari secara otodidak.



Tampilan besar pada layar

Pada halaman awal visual yang terpampang bagus, besar, dan berwarna. Tampilan template aplikasi spAcer membuat tempilan awal di OS ini makin menarik.



Kategorisasi aplikasi Anda

Kategorikan beberapa aplikasi didalam folder pada tampilan home-nya. Hal ini untuk merapihkan tampilan agar tidak berantakan dan mudah dicari. Folder yang telah dibuat juga bisa diberi nama sesuai dengan keinginan spAcer.



Menutup aplikasi

Untuk menutup aplikasi sama dengan OS Windows sebelumnya, spAcer hanya perlu mencari tombol close (x), meskipun terkadang susah ditemukan. Tetapi terdapat shortcut yang memudahkan dan tidak memakan daya dengan besar. Hanya dengan menekan Alt+F4, maka aplikasi pada tampilan spAcer akan tertutup.



Setting privasi

Banyak aplikasi memanfaatkan informasi yang sangat pribadi untuk data base. Maka ada baiknya spAcer tidak mudah percaya begitu saja, ubahlah dan isi privasi seperlunya. Untuk menyesuaikan pengaturan, tekan tombol Windows+I lalu masuk ke PC Setting, pilih opsi privasy dan personaliasasi pengaturan data pribadi spAcer disana.



Masuk tanpa username atau password

Untuk mempercepat log-in proses, sebaiknya spAcer menonaktifkan user dan password log-in. Caranya dengan membuka jendela Run (tekan tombol Windows + R) lalu ketik “netplwiz” untuk mengaksesnya. Hapus tanda centang pada kotak bagian atas yang mengatakan “Pengguna harus memasukkan nama pengguna dan kata sandi”.



Refresh  PC spAcer

Jika sistem spAcer merasa sedikit lambat, mungkin sudah saatnya untuk melakukan refresh. Untuk melakukan refresh, silahkan masuk ke Settings dan klik tab Settings Ubah PC dekat bagian bawah. Pilih tab General dan temukan “Refresh PC tanpa mempengaruhi file” di dekat bagian tengah (spAcer juga dapat memilih “Hapus segala sesuatu dan instal ulang Windows” untuk kembali ke pengaturan pabrik awal).



Safe mode

Safe mode adalah cara yang bagus untuk masuk ke sistem spAcer ketika device masih digunakan namun hendak ditinggal. Terlebih apabila device spAcer adalah Hybrid Ultrabook seperti Aspire P3, safe mode adalah kunci agar untuk mengaktifkannya kembali tidak lama memakan waktu.



Matikan dengan satu kali klik

Windows 8 menyembunyikan tombol powers di menu setting, sehingga sering memaksa spAcer untuk masuk terlebih dahulu ke menu setting kemudian baru dapat dimatikan. Berikut adalah cara membuat shortcut pada destop untuk mematikan device.

Klik kanan, lalu ke New, kemudian pilih Shortcut. Masukkan “shutdown / s / t 0″ (tanpa tanda kutip, dan, ya, itu adalah nol bukan “O”) sebagai lokasi item, dan tekan Next. Sekarang nama shortcut (prefereably “Shutdown”) kemudian tekan Finish. Klik kanan shortcut, dan lalu arahkan ke Properties. Ubah Icon pada tab Shortcut, lalu OK. Klik kanan shortcut lagi, dan pilih Pin to Start. Agar spAcer dapat menempatkan ikon pada layar Start. Mengklik itu maka akan langsung mematikan komputer spAcer.

Semoga tips & trick di atas membantu dalam pengoperasian Windows 8 pada tablet atau notebook Acer-mu ya, spAcer!

http://www.acerid.com/2013/07/9-hal-dari-windows-8-yang-harus-diketahui/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar