07 September 2013

Search Engine atau Mesin Pencari

Beragam Search Engine Alternatif

Apa search engine favorit kamu spAcer? 
Google? 
Yahoo? 
Atau yang lainnya? 
Tahukah spAcer kalau sebenarnya banyak sekali search engine di internet selain Google lho. Ada yang khusus untuk music sampai foto. Masing-masing search engine ini tentu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.


Biasanya, pengguna mencari search engine yang paling tidak memenuhi tiga fitur utama: hasil yang relevant, interface yang mudah dibaca, serta bantuan untuk memperluas atau mempersempit hasil pencarian. Nah, kalau melihat dari tiga kebutuhan pengguna ini, selain Google dan Yahoo, masih ada kok search engine alternatif yang bisa kamu coba spAcer.

Ask.com
Ask atau yang dulu bernama Ask Jeeves punya sejarah lama di internet. Interfacenya bersih dan pilihan search-nya tidak kalah bagus dari Google lho spAcer. Namun, yang paling menonjol dari Ask.com adalah pengelompokan hasil pencarian yang lebih relevan.

DuckDuckGo.com
Search engine satu ini punya fitur yang slick seperti ‘zero click’ information dimana hasil pencarian yang kamu inginkan bisa ditemukan di halaman pertama. Ad spam pada search engine ini juga lebih sedikit dibanding Google.

Dogpile
Dulu, Dogpile merupakan search engine yang cepat dan efisien. Namun kemudian Google hadir dan ‘mengalahkan’ Dogpile. Di Dogpile, kamu bisa mendapatkan hasil pencarian yang tidak terbatas pada Google, tapi juga termasuk

Bing
Bing merupakan search engine milik Microsoft untuk menandingi Google. Search engine ini mencoba untuk mendukung pencarian user dengan menawarkan suggestion di kolom sebelah kiri. 
Google memang lebih ‘tenar’ sebagai search engine, tapi gak ada salahnya kok kalau kamu mencoba beberapa search engine alternatif ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar