07 September 2013

Domain dan Artinya


Jenis-jenis Top Level domain dan Arti Dibaliknya

Jika internet adalah bagian dari kegiatanmu sehari-hari, tentu spAcer pernah mendengar atau membaca kata ‘Domain’. Domain merupakan nama unik untuk mengidentifikasi nama server komputer agar pengguna internet dapat mengakses server dengan mudah tanpa harus menghapal IP yang terdiri dari deretan angka yang panjang. Jadi, dengan adanya domain, spAcer tinggal mengingat nama, bukan angka yang rumit. 


Nah, lalu apakah Top Level Domain itu (TLD)? TLD merupakan kata-kata yang ada di belakang domain seperti misalnya .com, .net, .org. dan lain-lain. Kalau membaca contoh TLD tadi, spAcer pasti sudah langsung tahukan, mana dari nama alamat sebuah situs yang merupakan bagian dari TLD? Singkatnya sih seperti ini spAcer. Jika ada alamat situs: www.test.edu, maka .edu adalah TLD-nya.

TLD terbagi jadi dua, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). TLD seperti .com, .edu, dan contoh lainnya masuk ke dalam gTLD, sedangkan yang masuk ke dalam ccTLD adalah TLD untuk tiap negara. Misalnya Indonesia punya kode ID (co.id atau or.id).

Masing-masing TLD sebenarnya bisa memberikan gambaran, apa sih isi dari situs tersebut. Beberapa contoh TLD dan peruntukannya adalah sebagai berikut spAcer:

.com : untuk komersial

.net : untuk jaringan

.biz :  untuk bisnis

.info : informasi

.org : untuk organisasi

.tv :untuk televisi

.edu : untuk pendidikan

.pro : untuk profesi

.ac.id : untuk lembaga akademik yang ada diIndonesia

.go.id : untuk organisasi pemerintah yang ada di Indonesia

.co.id : untuk perusahaan komersial yang ada di Indonesia

http://www.acerid.com/2012/08/jenis-jenis-top-level-domain-dan-arti-dibaliknya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar