07 September 2013

Tips Sehat Saat Bekerja di Kantor

shutterstock_87752188 (1) (Small)

Tips: Tetap Sehat Meski Bekerja Sambil Duduk Seharian

Semakin banyak orang bekerja dengan bantuan komputer, baik pelajar, pekerja kantoran, pekerja lapangan hingga ibu rumah tangga yang berbisnis dari rumah. Semakin tergantungnya pekerjaan kita pada komputer, maka kita pun semakin lama banyak menggunakan waktu duduk di depan PC. Padahal, terlalu lama duduk bekerja di depan PC mempunyai resiko kesehatan tertentu lho!

Terlalu banyak bekerja dengan posisi duduk membuat kita kurang melakukan gerakan dan olahraga. Akibatnya metabolisme tubuh menurun sehingga lemak dan gula tidak terbakar dengan baik. Jika hal ini dibiarkan terus dalam waktu yang lama, bisa mengganggu kesehatan otot, bagian leher, punggung, serta bahu. Terlalu lama menatap PC juga bisa membuat mata perih sampai sakit kepala.

Lalu, bagaimana solusinya supaya kita tidak terjebak rutinitas yang tidak menyehatkan ini?Ikuti tips sederhana yang bisa dilakukan sebelum, sesudah, atau bahkan di sela-sela bekerja sebagai berikut:


Usahakan melakukan olahraga kecil-kecilan sebelum masuk ke kantor seperti naik sepeda, berjalan kaki atau naik turun tangga dibandingkan naik mobil dan naik lift.
Pastikan di sela-sela bekerja kamu mengambil istirahat pendek minimal selama 10-15 menit untuk berjalan-jalan singkat atau sekedar berdiri dan melakukan peregangan. Kamu bisa juga melakukan hal lain yang tidak berhubungan dengan PC seperti membuat teh atau mengisi gelas dengan air.
Di siang hari, berjalanlah ke luar kantor untuk menghirup udara segar. Ini tentu lebih baik daripada terus berada di ruangan yang ber-AC.
Postur yang salah saat duduk juga membantu tubuh menjadi tegang dan stress. Jadi, pastikan kamu duduk dengan postur yang benar ya spAcer.
Agar mata tidak lelah, istirahatkan setiap 15 menit sekali dengan melihat pemandangan yang yang membuat relax atau memfokuskan pandangan pada hal yang jauh
Rajin berolahraga di luar jam kerja. Dengan begitu, kamu bisa tetap fit dan sehat meski harus menghabiskan banyak waktu duduk di depan PC.
Apakah kamu termasuk orang yang menghabiskan waktu lama di depan PC setiap harinya, spAcer? Kalau iya, jangan lupa untuk menjaga kesehatan tubuhmu dengan mempraktekkan hal-hal sederhana namun berguna tersebut. Tubuh yang sehat akan memberikan performa bekerja yang baik pula. Bagaimanapun juga kesehatan adalah harta yang paling berharga bukan?





image source: shutterstock

Tidak ada komentar:

Posting Komentar