07 September 2013

ANDroId vs Windows

Android vs Windows

Mengenal Perbedaan OS Android dan Windows 8

Perkembangan  gadget layar sentuh mempunyai banyak sekali perbedaan dibandingkan dengan beberapa tahun lalu. Kini, tablet memiliki jauh lebih banyak fitur menarik dibanding PC dan fitur ponsel itu sendiri. Apalagi dengan hadirnya OS (operating system) terbaru  Windows 8 yang menawarkan interface yang menarik.

Baik Windows 8 dan Android masing-masing memiliki keunggulan. Menentukan gadget dengan kedua OS ini biasanya tergantung dari selera dan kebiasaan. Oleh sebab itu, yuk kita lihat bagaimana kelebihan dari masing-masing OS ini, supaya spAcer memperoleh lebih banyak info sebelum memutuskan untuk membeli:


Interface
Windows 8 diciptakan dengan sistem “Tiles Live” yang memiliki interface seperti balok. Setiap balok mewakili aplikasi yang berbeda seperti pemutar musik, pesan, dan sebagainya. Sementara, Android 4.1 memiliki  home screen yang bisa disesuaikan dengan theme maupun update dari tingkat berikutnya. Widgets biasanya selalu menjadi jantung dari OS Android, dan bahkan kehadiran Jelly Bean membuatnya menjadi lebih mudah bergerak. Dengan home screen yang dapat  beradaptasi untuk mengakomodasi penempatan dan ukuran widgets, fitur-fitur yang ada di home screen  Android juga bisa dengan mudah dihapus atau diedit.

Maps / Peta
Pemetaan di Android dilakukan berdasarkan Google Maps yang terkenal dengan detail hingga level Street View, pemetaan 3D, dan indoor mapping. Diintegrasikan dengan Google Now, sistem pemetaan pada Android bahkan sampai bisa memandu pejalan kaki dan pengendara ke tempat tujuan dengan rinci. Sementara Windows 8 menggunakan sistem milik Microsoft yaitu Bing Maps. Sistem baru ini mampu menampilkan navigasi 3D hingga kondisi lalu lintas.

Camera / Kamera
Microsoft belum melakukan  banyak perubahan pada aplikasi kamera di Windows 8. Aplikasi kamera ini masih terbilang simpel, dengan tampilan yang bersih, dan disertai dengan  menu  yang dapat mengakses berbagai pengaturan kamera. Sementara sistem kamera Android memberikan lebih banyak perubahan. Sistemnya lebih cepat dan memiliki sistem review seperti mengedit atau menghapus gambar menjadi lebih mudah. Ada juga scene mode yang berbeda-beda, tingkat white balance dan eksposur yang bisa disesuaikan, sehingga membuat gambar yang dihasilkan lebih ideal.

Browser
Internet browser di Android menggunakan standar Android Browser namun khusus Android Jelly Bean sudah dilengkapi dengan Google Chrome. Paket browser pada Android menawarkan fitur keamanan yang cukup baik, kemampuan menyimpan halaman untuk dibaca offline, dan sebagainya. Sementara Windows 8 membawa browser  Internet Explorer 10. Ini membuat Windows 8 berada di posisi terdepan dalam browsing internet mobile. Internet Explorer 10 juga menawarkan keamanan yang cukup baik. Internet Explorer 10 pada Windows 8 dilengkapi dengan layanan filter phising dan SmartScreen untuk melindungi SpAcer dari situs-situs yang berbahaya.

Media
Windows 8 memberikan fitur media yang dapat dengan mudah disimpan dan diakses melalui kartu MicroSD. Selain itu, media yang ditawarkan oleh OS ini juga mendukung  untuk berbagai macam resolusi mulai 800×480 piksel, 1280×720 piksel, hingga 1280×768 piksel. Sementara Android sedikit lebih halus dengan memberikan 60 fps di seluruh perangkatnya. Google Play juga menjadi jantung bagi OS ini untuk membawa musik, film, hingga eBooks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar