06 Oktober 2013

Tips dan Trik Windows 8

Aspire-S7-13_575px

Windows 8 akhirnya hadir di tengah-tengah kita saat ini. Jika spAcer terbiasa dengan versi sebelumnya, ada baiknya mulai sekarang mulai beradaptasi dengan sistem operasi yang satu ini. Ada beberapa perubahan besar dan yang diusung oleh Windows 8 mulai dari menghilangkan fungsi Start Menu, berorientasi pada teknologi layar sentuh, aplikasi baru, dan sebagainya.

Acer pun menjadi yang terdepan dalam menyediakan jajaran komputer dan gadget dengan sistem operasi Windows 8. Mulai dari varian tablet hingga all in one PC, semua produk terbaru Acer sudah mengadopsi Windows 8.

Nah, biar lebih kenal dan mengoptimalkan sistem operasi windows yang baru ini, mari kita simak beberapa tips dan triknya spAcer:


Lock Screen
Windows 8 terbuka pada layar kunci, namun sayangnya tidak menampilkan petunjuk apa yang harus dilakukan selanjutnya. Tapi caranya cukup mudah, spAcer cukup menekan tombol space bar, menggerakan mouse, atau menggesek layar sentuh untuk log in. Dari situ spAcer bisa mengatur password untuk memulai.

Navigasi dasar
Windows 8 diluncurkan dengan interface yang baru, ubin (tiles) berwarna-warni, dan aplikasi ramah sentuhan. Jika spAcer menggunakan tablet PC seperti Iconia W700 atau Iconia W510 semuanya akan mudah, tinggal menggesek dan menyentuh layar, spAcer bisa langsung menuju aplikasi yang diinginkan.

Pada desktop regular, spAcer cukup menggerakkan mouse. Atau spAcer juga bisa menggunakan keyboard. Tekan tombol “Home” atau “End” untuk melompat dari satu halaman ke halaman lainnya.

Grup aplikasi
Aplikasi Start Screen awalnya ditampilkan dalam urutan acak, tapi spAcer bisa mengorganisirnya ke dalam grup-grup tertentu. spAcer bisa memindahkan aplikasi “People”, “Mail”, “Messaging” ke sisi kiri misalnya untuk membentuk sebuah kelompok terpisah. Klik ikon minus di sudut kanan bawah layar untuk zoom out dan spAcer kemudian memindahkan aplikasi ke dalam kelompok baru.

Akses menu cepat
Klik kanan di sudut kiri bawah (atau tahan tombol “Windows” dan tekan “X”) untuk menampilkan menu berbasis teks yang akan menyediakan akses lebih mudah ke banyak aplikasi dan fitur.

Temukan aplikasi yang sudah diinstal
Untuk menemukan aplikasi yang ada di dalam komputer berbasis Windows 8, spAcer bisa menahan tombol Windows dan tekan “Q”. Cara lainnya, spAcer juga bisa klik kanan mouse di bagian yang kosong pada Start Screen, atau menyentuh layar dari bawah ke atas untuk menampilkan seluruh aplikasi yang sudah terinstal di komputer.

Nah, itu dia beberapa tips dan trik untuk spAcer yang baru menggunakan sistem operasi Windows 8. Semoga bermanfaat dan tunggu tips-tips selanjutnya ya spAcer.

2 komentar: