06 Oktober 2013

Phising Spyware Spam Keylogger Virus

Ancaman Pengganggu dari Dunia Maya

Seakan datang sepaket dengan komputer, virus tampaknya akan selalu mengintai. Namun jangan lupa, saat terhubung dengan komputer lain ataupun internet, bukan hanya virus yang akan datang “mampir”. Si pengganggu alias pengancam keamanan laptop spAcer ini bermacam-macam jenisnya. Efeknya pun bisa beragam buruknya, mulai dari merusak sampai mencuri data. Cara mengatasi gangguan ini pun tidak sama. Nah, berikut beberapa gangguan keamanan pada laptop dan cara menanganinya.


Phising
Phising merupakan bentuk penipuan elektronik. Dengan phising, orang ditipu agar memberikan informasi penting atau hal penting lainnya kepada phisers (orang yang melakukan phising). Informasi atau hal penting  ini kemudian dipakai oleh phisers untuk mengambil keuntungan dari si korban. Biasanya, phising dilakukan dengan memanfaatkan nama perusahaan yang sudah besar agar korban percaya dan terperdaya.
Untuk mencegah phising, spAcer sebaiknya berhati-hati terhadap undian berhadiah yang mewajibkan kamu untuk menyetor sejumlah uang. Lebih baik lakukan pengecekan ulang kepada pihak terkait untuk memastikan kebenarannya. Selain itu, jangan pernah  mengirim data pribadi yang penting, misalnya PIN ATM, kepada siapapun bahkan kepada bank, karena bank tidak akan pernah meminta PIN ATM kepada nasabahnya.

Spyware
Spyware merupakan program yang dapat memata-matai user, sehingga pihak ketiga pengirim spyware (misalnya pengiklan atau hacker) bisa mendapatkan informasi penting milik user tanpa disadari oleh user tersebut. Misalnya saja, password kita tiba-tiba diketahui orang lain. Informasi semacam ini tentu saja merugikan user jika bocor ke tangan yang salah. Terkadang kita tidak menyadari keberadan spyware ini karena sistem kita bisa saja terkena spyware hanya dengan masuk ke sebuah situs yang memang sudah mengandung spyware. Beberapa situs dengan spyware akan meminta user untuk melakukan instalasi aplikasi melalui jendela pop-up. Sedangkan beberapa aplikasi lainnya kerap terpasang begitu saja tanpa seizin user.
Agar spAcer terhindar dari spyware, selalu pastikan browser yang kamu gunakan untuk menjelajah dunia maya punya sistem pelaporan situs-situs berbahaya seperti IE 8, Chrome, Opera dan Firefox yang dipasangi plug-in NoScript.

Spam
Spam adalah email yang biasanya berisi hal yang tidak diharapkan. Bentuknya bisa berupa iklan atau pancingan agar user mau membuka situs tertentu. Terkadang, situs yang dirujuk ataupun email spam tersebut ternyata menyebar malware atau merupakan phising. Ada juga yang mengirim email spam ini dalam jumlah banyak dan bertubi-tubi sehingga user akan kerepotan menghapusnya karena menyita waktu lama.
Mengatasi spam sebenarnya tidak terlalu sulit karena sudah banyak program anti-spam handal yang tersedia di pasaran. Kadang, anti-spam ini sudah satu paket dengan anti-virus. Jadi spAcer tinggal mengaktifkan aplikasi anti-spam saja untuk menangkal email spam.

Keylogger
Sering browsing di warnet atau tempat umum lainnya, spAcer? Kalau begitu, kamu harus berhati-hati dengan keylogger. Keylogger bekerja dengan merekam inputan yang dimasukkan lewat keyboard. Misalnya, spAcer memasukkan password email, maka password ini akan terekam oleh keylogger. Data ini kemudian disimpan atau dikirim kepada si pemasang keylogger tersebut yang bisa jadi digunakan untuk hal tidak baik.
Untuk menghindari keylogger, salah satu cara adalah spAcer menggunakan On Screen Keyboard saat memasukkan password di komputer yang dapat diakses orang banyak.  On Screen Keyboard dapat diakses dengan klik Program>> Accessories>> Accessibility atau ketik “osk”  di menu ‘Search’ pada OS Windows.

Kini spAcer sudah mengetahui beberapa ancaman keamaan terhadap komputer dan data kita selain virus. Jadi, lebih berhati-hatilah saat menjelajah internet, ya, spAcer!

http://www.acerid.com/2011/10/ancaman-pengganggu-dari-dunia-maya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar