06 Oktober 2013

Tips Agar Mata Tak Cepat Lelah Walau Seharian Bekerja dengan Komputer


Pekerjaan ataupun kegiatan sehari-hari lainnya kadang membuat kita terus bekerja di depan komputer seharian penuh. spAcer mungkin salah satu dari orang dengan kesibukan seperti itu. Tahukah kamu, bahwa hal tersebut bisa membawa dampak buruk pada mata kita.


Aktivitas bekerja, menonton film, atau games seringkali bikin kita lupa bahwa mata kita dipaksa bekerja berlebihan di depan komputer. Terlebih ketika saat ini kita dimanjakan dengan kehadiran notebook yang dimensinya semakin tipis dan ringan, sehingga bekerja di depan komputer terasa semakin mudah, dimana saja dan kapan saja.

Meski ada anggapan bahwa hal itu sepenuhnya tidak benar, tapi pada dasarnya memaksa mata bekerja terlalu keras di depan monitor memang bisa mengganggu kesehatan mata. spAcer mungkin pernah mengalami kesulitan untuk memfokuskan objek pandang atau otot mata mengendur, yang sebenarnya adalah sebuah indikasi kesehatan mata kita sedang terganggu.

Nah, oleh sebab itu, meski bekerja dengan notebook saat ini begitu menyenangkan, spAcer juga mesti ingat untuk selalu menjaga kesehatan mata. Yuk, simak beberapa tips ini yang bermanfaat bagi spAcer yang sering berlama-lama di depan layar monitor :

  1. Jaga jarak pandang dari monitor. Terlalu dekat memandang monitor membahayakan bagi mata kita. Ada baiknya kita memberi jarak, jangan terlalu dekat memandang monitor, setidaknya 50-100 cm dari mata.
  2. Mulailah beralih ke LCD. Monitor tabung (CRT) dianggap memiliki efek radiasi yang cukup besar. Jika desktop PC spAcer masih menggunakan CRT, ada baiknya jika mulai beralih ke LCD karena selain menggunakan daya yang lebih rendah, monitor LCD juga lebih rendah radiasinya.
  3. Atur pencahayaan dari komputer. Ubah-lah level brightness  layar monitor spAcer hingga terlihat nyaman di mata. Beberapa monitor memiliki pre-set display mode untuk memudahkan pengaturan pencahayaan monitor tersebut, misalnya monitor Acer S231HL.
  4. Istirahatkan mata 10 – 15 menit. Jangan memaksakan mata untuk selalu memandang monitor dalam waktu yang lama. Istirahatkan mata, misalnya dengan menutupkan kelopak mata beberapa saat atau melihat objek yang jauh selama kurang lebih 10 detik. spAcer juga bisa memanfaatkan waktu istirahat itu dengan membasuh muka, atau melihat pemandangan agar mata bisa rileks sejenak.
  5. Gunakan kacamata Anti Radiasi. Jika spAcer memiliki biaya berlebih, ada baiknya membeli kacamata anti-radiasi. Selain bisa dibawa kemanapun kita bekerja, kacamata ini juga sangat berguna ketika spAcer bekerja di depan monitor, melindungi mata dari cahaya komputer, radiasi TV, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar