17 Agustus 2013

FroYo Frozen Yoghurt

temp

Dessert sehat praktis memang ada pada Frozen Yoghurt (FroYo). Instan dan banyak difavoritekan orang-orang, apalagi dengan toppingnya yang variatif. Musim panas telah jadi bisnis jutaan dollar, begitupun dengan perkembangan yoghurt di pasar. 


Namun jika tidak teliti akan merk, bisa jadi kita menkonsumsi yoghurt yang mengandung terlalu banyak pemanis. David Katz, MD, Direktur Yale University Prevention Research Center telah meneliti berbagai macam merk Yoghurt. Ada beberapa zat tambahan disana, seperti guar gum, maltodextrin, sodium citrate, cellulose gum, disodium phosphate and dan propylene glycol monoesters, semuanya terdengar seperti bukan bahan makanan. Beberapa yoghurt bahkan mengandung Carrageenan, bahan pengental terbuat dari rumput laut merah yang berbahaya bagi kesehatan. “Ilmu pengetahuan tidak mudah untuk memilah-milah produk. Jika Anda ingin menghindarinya, cukup melihat susunan bahan baku yoghurt yang tertera pada label,” jelas Marion Nestle, Ph.D, ahli nutrisi. Frozen Yoghurt juga menggabungkan bahan alami dan bahan kimia. Buah Berry untuk topping misalnya, wujudnya memang natural dari alam. Namun tidak ada yang tahu, bisa saja buah ini mengandung Castoreum, ekstrak yang berasal dari balerang. “Ada banyak alasan menambahkan bahan kimia pada makanan yang tidak memiliki potensi merusak kesehatan. Namun berdasar buktin empirik, lebih baik membatasi konsumsi bahan buatan sebagai tindak pencegahan. Fakta yang kita tidak tau, zat perusak tersebut tidak bisa dibuktikan kalau tidak berfungsi. Saya sering berfikir bahwa zat tambahan adalah sebuah indikator lamanya makanan tersebut bisa bertahan di luar” tambah Katz. Yang paling parah, tidak ditemukan bahan seperti gula dan sodium pada daftar  bahan baku yoghurt yang tertera pada label. Ternyata zat tersebut diwakili oleh ructose, dextrose, corn syrup, juice concentrates dan polydextrose yang berfungsi sebagai gula. Sangat menakutkan, jadi bagaimana caranya kita memilah merk yoghurt? Jika Anda menemukan lebih dari 5 bahan baku yoghurt, atau bahkan tidak tertera sama sekali, jangan beli yoghurt tersebut. Yoghurt yang memiliki 10 jenis bahan baku, tidak jauh terlihat seperti kue tart dalam ukuran mini yang sangat menggoda. 

See more at: http://www.sendokgarpu.com/index.php/articles/news/1836-Apakah-Yoghurt-Benar-Benar-Menyehatkan#sthash.lOE3wwJI.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar