15 Agustus 2013

Ciri-ciri Orang yang Tidak Produktif

Pada artikel sebelumya, kita telah membahas tentang beberapa ciri dari ketidakproduktifitasan pada diri kita yaitu: sering menunda pekerjaan, Tidak bersyukur kepada Allah, Sombong untuk berdoa, Asal jadi, Kurang keinginan untuk mencari ilmu, Banyak menghayal dan menyesali keadaan. Pada artikel ini akan dibahas ciri yang lain yaitu tidak tahu arah tujuan dan takut susah untuk bekerja keras. 



1. Tidak tahu arah tujuan

Walaupun kita tinggal di negara muslim dan notabene sudah mengeyam pendidikan islam sejak kecil, tetapi masih banyak sekali muslim yang tidak mengetahui apa tujuan hidup di dunia ini. Sedangkan Allah telah berfirman di dalam QS. adz-Dzariyat: 56 "Tidaklah Kuciptakan jin dan manusia kecuali supaya mereka beribadah kepada-Ku.” Hal inilah seharusnya menjadi suatu landasan bagi kita dalam melakukan suatu tindakan. Contohnya jika kita bermalas-malasan, maka perlu ditanyakan kepada diri kita, apakah tindakan malas ini adalah suatu ibadah?. Contoh yang lain misalnya jika kita menonton tv, perlu lagi kita tanyakan apakah menonton acara di tv bisa menjadi ibadah buat kita?. Apakah acara yang sedang kita nikmati bisa membawa kebaikan dunia dan akhirat?. Jika kita berani untuk menjawab dengan jujur dan kita temukan bahwa jawaban itu adalah tidak berguna, maka dengan sendirinya hal-hal yang tidak bergunapun akan tereliminasi dari hidup kita. 


2. Takut susah dan kerja keras

Banyak dari kita yang menginginkan kerja yang gampang tapi menghasilkan uang yang banyak. Mental seperti inilah yang membuat kita jadi takut keluar dari zona nyaman kita. Padahal Allah Subhanahu wa Ta'ala telah menciptakan berbagai kelebihan dari diri kita, yang belum kita gali. Jika kita tidak mau bekerja keras dan menggunakan potensi yang ada, maka kita sangatlah rugi. Lalu bagaimana mengatasinya? Tanpa meninggalkan zona nyaman anda, cobalah sesuatu yang baru, kalau bisa sesuatu yang paling anda sukai, sesuatu yang tanpa dibayarpun anda tetap mau melakukannya. Jadikan ini menjadi target hidup anda yang baru. Luangkan waktu walaupun sedikit untuk mewujudkan target baru anda ini. Sebagai contoh, anda ingin sekali menguasai bahasa arab agar bisa mengerti al-quran, maka cobalah mulai membaca buku walaupun hanya 1 lembar sehari. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan minat anda terhadap target tersebut. Jika minat sudah berkembang, maka anda tidak akan lagi merasa terpaksa atau berat untuk menjadikannya sebuah kebiasaan. Bagaimanapun tidak ada jalan pintas untuk meraih kesuksesan karena itu jangan takut susah!!.


Sumber:
http://pengusahamuslim.com/ciriciri-orang-yang-tidak-produktif-1859#.UgyeZdISapU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar