13 Desember 2013

Indonesia Menanam









Gerakan Indonesia Menanam adalah sebuah gerakan peduli lingkungan yang pertama kali muncul dari inisiatif  sembilan (9) orang influencer yang peduli terhadap kondisi lingkungan hidup di Indonesia. Mereka prihatin melihat kondisi lahan hijau di Indonesia yang sudah semakin terkikis dan nyaris hilang jika tidak segera diperbaiki.

Indonesia memiliki total area hutan seluas 109 juta hektar, dengan 1.148.400 km2 adalah kawasan hutan hujan tropis. Kawasan hutan hujan tropis yang dimiliki Indonesia merupakan kawasan terbesar di Asia-Pasifik dan terbesar ketiga di dunia setelah Brazil dan Republik Kongo.

Menurut Biodiversity Action Plan for Indonesia (Bappenas, 1991), hutan Indonesia adalah hutan paling kaya keanekaragaman hayatinya di dunia, dengan 447 spesies palm yang 225 diantaranya tidak terdapat di belahan dunia lain, lebih dari 400 spesies Dipterocarp dan 25.000 spesies tumbuhan berbunga. Sebagian besar hutan yang terdapat di Indonesia memainkan peranan besar untuk menjaga ekosistem dan dijadikan rumah bagi ribuan bahkan jutaan satwa liar.

Namun sangat disayangkan, laju kerusakan hutan di Indonesia tercatat menduduki peringkat tiga terbesar di dunia dengan laju deforestasi hutan mencapai 610.375,92 Ha per tahun. Dalam periode tahun 2000-2009, luas hutan Indonesia yang mengalami deforestasi sebesar 15,16 juta ha. Pulau Kalimantan menjadi daerah penyumbang deforestasi terbesar yaitu sekitar 36,32 persen atau setara dengan 5,50 juta ha. Laju kerusakan ini setara dengan hilangnya 364 lapangan bola per jam. Dan jika laju deforestasi tidak ditekan, diperkirakan pada tahun 2020 tutupan hutan di Jawa akan habis dan pada tahun 2030 tutupan hutan di Bali-Nusa Tenggara juga akan habis.

Karena kondisi hutan dan area hijau di Indonesia yang semakin memprihatinkan, Kementrian Kehutanan dan para influencer mengundang penggiat sosial media yang juga peduli terhadap isu lingkungan untuk berdiskusi mengenai penanggulangan kerusakan lingkungan, khususnya hutan.

Di dalam diskusi yang mengambil tema “Gerakan Penanaman 1 Milyar Pohon untuk Indonesia” ini, mereka berusaha meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap isu kerusakan hutan dan mencari ide untuk menghijaukan Indonesia.

Pada akhir diskusi, semua pihak yang terlibat sepakat dan berkomitmen untuk mendukung ide penghijauan Indonesia melalui Gerakan Indonesia Menanam yang resmi lahir di tahun 2011.

Gerakan Indonesia Menanam yang juga dilakukan untuk memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional ini, akhirnya menjadi agenda tahunan Kementrian Kehutanan dan telah mengajak banyak pihak untuk mulai peduli terhadap lingkungan di sekitarnya.

Banyak daerah di Indonesia yang sudah turut andil melakukan gerakan ini seperti gerakan pembuatan kebun bibit rakyat di 10.000 titik, pembangunan persemaian modern di ibukota provinsi dan kabupaten, penanaman 1 milyar pohon di daerah-daerah dan masih banyak kegiatan lain.

Upaya ini diharapkan dapat mendorong kesadaran masyarakat luas untuk mulai menjaga lingkungan dengan banyak menanam dan memelihara pohon. Mengingat betapa pentingnya hutan sebagai sumber kehidupan bagi manusia maupun makhluk hidup yang menjadikannya habitat, maka sudah saatnya bagi kita untuk melakukan aksi nyata menyelematkan lingkungan! Mari buat Indonesia semakin HIJAU!









Tags :
Program Penanaman 1 Milyar Pohon
Gerakan Penanaman 1 Milyar Pohon
Gerakan Penanaman Satu Milyar Pohon
Gerakan Penanaman 1 Miliar Pohon
Kementerian Kehutanan
Kementerian Kehutanan RI
Kementerian Kehutanan Republik Indonesia
Dinas Kehutanan
Dinas Pertanian
Banyak Pohon Banyak Rejeki
Banyak Pohon Banyak Rezeki
OBIT
One Bilion Indonesian Trees
One Man One Tree
Pencanangan
Hari Pohon Internasional
Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI)
Bulan Menanam Nasional (BMN)
Festreeval
http://www.indonesiamenanam.com
Indonesia Menanam
https://www.facebook.com/INDOmenanam
IndoMenanam
https://twitter.com/indomenanam
Indo Menanam
http://www.youtube.com/user/INDOmenanam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar