13 Desember 2013

Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN)


Puncak Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 
dan Bulan Menanam Nasional (BMN) 2013

Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tanggal 28 November  dan Bulan Menanam Nasional (BMN) bulan Desember yang ditetapkan dengan  Keputusan Presiden RI No. 24 tahun 2008, hari ini Senin 25 November 2013 diperingati di Desa Datah, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali. Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono bersama dengan jajaran Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II serta para pejabat tinggi negara dan duta besar negara sahabat menanam pohon pada acara tersebut yang diikuti secara massal di seluruh Indonesia. Tema peringatan HMPI dan  BMN tahun ini adalah “WARISKAN HUTAN YANG LEBIH BAIK UNTUK GENERASI PENERUS BANGSA”. Pemilihan tema ini dimaksudkan bahwa Indonesia konsisten melaksanakan pembangunan berkelanjutan untuk mewariskan hutan yang berfungsi baik bagi anak bangsa sebagai 
(1) Penyelamat lingkungan hidup dari ancaman banjir, tanah  longsor, kekeringan dan perubahan iklim, 
(2) Penyedia kebutuhan hasil hutan kayu dan non kayu, sumber pangan, energi, obat-obatan, 
(3) Penyedia jasa lingkungan berupa air, oksigen, wisata alam, 
(4) Pelestari keanekaragaman hayati flora dan fauna, 
(5) Tempat pendidikan dan penelitian.


Pada peringatan HMPI dan BMN tahun ini Presiden SBY menanam pohon Kalpataru (Hura crepitan) atau biasa dikenal dengan nama lain Buah Roda. Penghargaan diberikan kepada pemenang Lomba Penanaman Satu Milyar Pohon tahun 2012 Tingkat Nasional yaitu Gubernur Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan Bengkulu, Bupati Banyuwangi, Karangasem, dan Minahasa, serta Walikota Pasuruan, Ternate, dan Balikpapan. Sebagai Juara Umum Pemenang Lomba Wana Lestari tahun 2013 adalah Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta.

Keberhasilan gerakan penanaman 1 milyar pohon per tahun tidak hanya dilakukan oleh sektor kehutanan saja tetapi didukung oleh sector-sektor lain, juga oleh seluruh lapisan masyarakat dan pengusaha termasuk media. Penghargaan yang tinggi disampaikan kepada pihak-pihak yang berkontribusi besar dalam pencapaian suksesnya penanaman pohon ini baik di pusat maupun di daerah. Sehingga kita dapat mewariskan hutan yang lebih baik dan terawat kepada generasi yang akan datang. 

Kementerian Kehutanan memberikan apresiasi kepada para pelaku usaha non kehutanan yang telah berpartisipasi aktif melakukan gerakan penanaman hutan yaitu PT. Pertamina EP, PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, dan PT. Djarum. Untuk pelaku usaha sektor kehutanan, penghargaan diberikan kepada Perum Perhutani, KPWN (Koperasi Perumahan Wanabakti Nusantara), dan  Usaha Konservasi PT. Duta Indonesia Djaya. Juga penghargaan diberikan kepada para pengusaha tambang atas upayanya melakukan reklamasi hutan di kawasannya yaitu PT. Aneka Tambang, Tbk dan PT. Bukit Asam, Tbk. Penghargaan ini dimaksudkan sebagai dukungan motivasi yang diharapkan dapat diikuti oleh yang lainnya. Selain itu juga penghargaankepada perguruan tinggi dan LSM yaitu UGM Yogyakarta dan Komunitas Pohon Indonesia. Sedangkan penghargaan perorangan diberikan kepada Mayjen TNI Doni Monardo (Penggiat Penanaman Pohon Penyerap Karbon), Andi Tenri Gappa (Penggiat Penanaman Pohon Penyerap Karbon), TGH Hasanain Juaini, LC (Perintis Konservasi Hutan dan Lahan di Pulau Lombok NTB), Pastor Marselinus Agot (Penggiat Bibit Pohon Berbasis Masyarakat di Klaten Jateng) dan Amin Sidik (Penggiat Tanaman Mangrove di Pasuruan Jatim).

Pada kesempatan ini pun Menteri Kehutanan menyerahkan Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan, yaitu Izin Usaha Hutan Rakyat kepada  H. Herman (Ketua Kelompok Tani HTR Dusun Tampaning Desa Patampanua, Kec. Marioriawa, Kab. Soppeng, Prov. Sulawesi Selatan). Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan HKm kepada Antonius Seyli (Ketua Kelompok Tani HKm Adat Obo Bao, Desa Runut Kec. Waigete, Kab. Sikka, Prov. NTT) dan Hak Pengelolaan Hutan Desa  kepada Sarmadi (Ketua Panitia Lembaga Pengelolaan Hutan Desa Depati Junjung, Desa Taba Padang, Kec. Seberang Musi, Kabupaten Kapahiang Prov. Bali).

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi Ir. Sumarto, MM, Kepala Pusat Humas, Kementerian Kehutanan








Tag:
Kementerian Kehutanan 
Gerakan Penanaman 1 Milyar Pohon 
Banyak Pohon Banyak Rejeki

2 komentar: