29 Mei 2014

Penyakit yang Disebabkan oleh Virus dari Kucing

kucing

Banyak orang yang suka menjadikan kucing sebagai hewan pemeliharaan. Tak hanya bisa menakuti tikus di rumah, kucing juga menggemaskan dengan tingkahnya yang lucu. Dibalik kelucuannya, ternyata kucing bisa menularkan penyakit yang berbahaya pada manusia yang bisa menimbulkan kemandulan bagi para kaum perempuan.







VIRUS KUCING

Virus adalah senyawa yang sangat menakutkan karena akan menimbulkan banyak penyakit. Virus dapat datang dan dapat mengenai tubuh dari mana saja. Dari kotoran, tempat yang kita tinggali, benda yang kita pegang dan dari hewan peliharaan kita sendiri, termasuk virus kucing.
Ada banyak virus kucing di sekitar, inilah penjelasan singkat mengenai penyakit yang disebabkan oleh virus dari kucing.

1. FIP atau Feline Infectious Peritonitis
FIP adalah radang selaput rongga perut menular. Penyakit yang terjadi pada kucing satu ini adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus, dan kasusnya cukup serius. Virus yang menimbulkan penyakit ini pada kucing bernama coronavirus atau feline corona virus (FcoV).
Virus tersebut merupakan virus yang sama dengan virus yang biasa menyerang babi dan anjing. Hati-hati terhadap virus ini karena dapat juga menyerang manusia. Tapi jika virus ini terdapat pada kucing, manusia tidak akan tertulari.

2. Toxoplasma
Toxoplasma adalah sebuah parasit yang menyerang hewan-hewan peliharaan berjenis mamalia, di antaranya anjing, kelinci, kambing dan kucing. Virus ini adalah virus yang menetap dalam usus binatang. Kemudian di dalam sana si virus ini akan berkembangbiak dan menghasilkan telur. Telur ini nantinya akan keluar bersama dengan kotoran kucing.
Misalnya telur tersebut tanpa sengaja tertelan oleh manusia, maka parasit dari virus ini juga akan ikut berkembangbiak dalam tubuh manusia. Parasit ini akan masuk ke dalam organ-organ intim manusia seperti jantung, jaringan otak bahkan otot.
Akibat dari itu bisa saja manusia mendapatkan penyakit kista. Sedangkan untuk wanita yang sedang hamil, dia akan mengalami risiko keguguran atau bayinya akan cacat. Lain pada wanita lain juga pada pria, jika pria yang tertular virus ini dia akan memiliki penglihatan yang kabur.
Penyakit yang perlu diwaspadai dari kucing yaitu Toxoplasma. Toxoplasma adalah sejenis parasit yang hidup di dalam usus kucing. Parasit ini akan keluar bersama dengan kotoran kucing yang dapat menularkan ke tubuh manusia. Biasanya kotoran kucing berceceran di sekitar rumah. Parasit Toxoplasma juga melekat pada bulu kucing.
Bagi para kaum perempuan, parasit ini bisa menyebabkan masalah bila pada saat hamil didiagnosa positif terkena toxoplasma. Tahunya berpenyakit, dari pemeriksaan darah di laboratorium, kedapatan positif toxoplasma. Toxoplasma yang diderita pada saat hami dapat menyebabkan cacat pada anak pada saat di dalam kandungan dan yang lebih buruk lagi dapat menyebabkan kematian anak. Ada baiknya untuk menghindari kemahilan apabila sedang positif mengidap toxoplasma.


3. Rabies
Rabies banyak menjangkiti anjing dan kera, tetapi dapat terjadi menjangkiti kucing. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini akan menular kepada manusia lewat gigitan hewan yang menderita rabies. Untuk dapat mengetahui apakah hewan itu terkena rabies atau tidak, perhatikan ciri-ciri fisiknya. Ciri-ciri itu meliputi lidah yang menjulur, matanya merah dan mengeluarkan air liur secara berlebihan atau terus menerus.

4. Cat Scratch Diseases atau Cakaran Kucing
Karena kuku kucing seringnya memiliki banyak kuman, maka jika Anda terkena cakaran kucing, kuman yang ada pada kuku kucing akan menempel pada tubuh manusia. Maka dari itu, jangan sekali-kali mengejutkan kucing, misalnya dengan memegang ekornya. Karena jika kucing yang terkena penyakit dan punya banyak kuman kemudian tidak sengaja menularkannya kepada manusia, manusia juga akan terjangkiti penyakit.

5. Calicivirus
Calcivirus adalah penyakit yang sama dengan Rhinotracheitis virus, yaitu merupakan virus golongan herves-1. Mulanya virus itu akan menyerang mulut hewan kemudian menjalar ke bagian tubuh atasnya hingga sampai ke seluruh tubuh. Penyakit ini juga menyerang pernafasan sehingga dapat menyebabkan kucing mengalami komplikasi kronis. Kucing liar yang biasanya buang air besar sembarangan di pasir, tanah atau bahkan halaman rumah Anda adalah salah satu "pihak" yang menularkan penyakit.








LANGKAH UNTUK MEWASPADAI TIMBULNYA PENULARAN PENYAKIT

  1. Jagalah kebersihan kucing. Sediakan tempat khusus seperti bak pasir agar kucing terbiasa membuang kotorannya di bak pasir tersebut. Ini memungkinkan agar kotoran kucing tidak berceceran. Selain itu, biasakan mengkramas dan memandikan kucing peliharaan. Tak hanya membuat rambut kucing terlihat bersih dan lembut tetapi juga membersihkan toxoplasma yang menenpel pada rambut kucing.
  2. Beri vaksin. Sesekali-kali bawalah kucing peliharaan ke dokter hewan untuk diberi vaksin agar kucing lebih sehat dan dapat menghindarkan penyebaran parasit toxoplasma dan cacing ke tubuh kita.
  3. Jagalah kekebalan tubuh kita. Meskipun parasit toxoplasma dan cacing dapat menular ke tubuh kita, namun penyakit yang ditimbulkan tidak berakibat buruk pada tubuh kita yang kebal. Meskipun teinfeksi, penyakit tersebut tidak dapat berkembang pada tubuh kita.
  4. Hindari kontak dengan kucing. Sering kali seseorang menggendong dan mengelus-elus kucing kesayangan. Perlu kita ketahui bahwa banyak kucing yang suka makan tikus, makan dari tempat sampah, ikan busuk. Tentunya banyak kuman yang terdapat di dalam mulutnya. Kebiasaan kucing yang menjilati tubuhnya dan menggunakan kakinya untuk menggaruk ketika buang kotoran dapat membuat toxoplasma menempel pada tubuh kucing . Itu artinya, banyak kuman dan parasit toxoplasma  yang menempel pada kucing yang dapat menular ke tubuh kita.
  5. Menjaga kebersihan. Yang terpenting bagi pemelihara kucing adalah menjaga kebersihan. Selain menjaga kebersihan lingkungan rumah, juga kebersihan perorangan, khususnya tertib mencuci tangan. Parasit yang berada di sekitar rumah sangat mudah untuk melekat dengan jemari tangan. Sebelum makan sebaiknya mencuci kedua tangan sampai bersih dengan menggunakan sabun, kebersihan jemari tangan sangatlah penting karena tangan yang tidak bersih dapat menularkan toxoplasma.
Dari semua itu, sebaiknya kita pemelihara kucing untuk menjaga kebersihan kucing, lingkungan, dan diri kita sendiri.








Sumber:

4 komentar:

  1. In an age of branded programs, everything from sports (for example, the Oracle America’s Cup race) architecture (the AT&T Center) arena’s (the AT&T Center) fitflop and entertainment venues (The Kodak Theatre in LA) give brands ways to align themselves with success. Well, there is a big opportunity here at Mad Sci!Media and pop culture have made us, the US aware that, in order to compete in a global economy, fitflops we must build the workforce that is now in high school. And the great need, the emphasis put on educators is described in an acronym: STEM.Science, technology, engineering and math. The fact that the Mad Sci team, a diverse one at that, utilizes all discount fitflop sandals these STEM elements in building real world cars is impressive. What sets them apart, is the FUN they have doing it.
    It's important to note that during the spring, walleye are spawning in area waterways such as the Detroit River, Huron River and Maumee fitflop sale River (OH). At this time, the spawning fish are more susecptible to overharvest, and regulations are in place to protect them during this vulnerable time. If you are going to fish for walleye during the spawning season, make certain you know the fitflop sandals regulations, restrictions and any closed seasons or areas before you head out. These fish are not only prized eaters, but a valuable natural resource that needs to be protected so that everyone can enjoy them.The "Real Housewives of Atlanta" reunion show was epic fitflop coupon and saw the best ratings in the history of "RHOA" reunion shows. This is mostly due to the fight between Porsha Williams and Kenya Moore. What viewers might have missed during all the drama according to a Wednesday report by Wetpaint was Cynthia Bailey fitflops shoes women flashing her entire breast to the audience.
    In addition to honoring Judd for her philanthropic work, we want to revere her for the courage it takes to fitflops sale speak out. In her recently published memoir, All That is Bitter and Sweet, Judd shared the intricate details of her past, including her childhood molestation. To learn more about Judd, logon to her official website at www.ashleyjudd.com.Like Judd, speak out and get involved!! Help to prevent and end sexual violence and other atrocities against humanity!!Trade shows present unparalleled opportunities for businesses of all sizes, from the solopreneur, the network marketing fitflop sling direct sales business,

    BalasHapus
  2. The Nike LeBron 13 Low Summer Pack joins the Nike Kyrie 2, KD 9 and the Kobe 11 as part of the Nike Basketball Summer Pack. The pack celebrates the end of the summer season.This Nike LeBron 13 Low was first released at LeBron James’ UNKNWN store, and now they’ll Nike Hyperrev receive a wider release.Dressed in a Stealth Grey, White, Bright Crimson, and Gum Light Brown color scheme. The shoe features a heathered upper that sits atop a Gum sole like the other models from the Summer KD 7 Pack.Look for the Nike LeBron 13 Low “Summer Pack” to release on August 31st, 2016 at select Nike Basketball retail stores. The retail price tag is set at $150 USD.
    The upcoming 2016-2017 NBA season, Steph Kobe 9 Curry is out to accomplish what only three other players in NBA history have achieved – a three-peat of MVP trophies. Only Larry Bird, Wilt Chamberlain, and Bill Russell have the honor of being the league’s KD shoes most valuable player for three seasons in a row, and there’s no reason to believe that Curry, already on his way at being an all-time NBA great, can’t reach a third straight trophy. This Summer has Kyrie irving shoes been a quieter one for Steph, who after the Finals opted to spend his free time with his family and focus on being at full strength for the NBA season. The Summer has also been about Kyrie 1 the Curry 2.5, the Playoffs-and-beyond edition of his massively popular signature shoe.Today, we take a close-up detailed look at the Curry 2.5 design, which includes a number of details that are either overlooked or just not LeBron 11 obvious to the average consumer. The shoes have gone on to be one of the most popular on the planet based off the strength of Curry’s success and persona, but there’s plenty of design detail that LeBron soldier 9 deserves some shine. As we patiently await the release and unveiling of the Curry 3, explore with us the Curry 2.5 and the hidden details that make this one of Under

    BalasHapus