06 Oktober 2013

Variasi Windows 7


Perbedaan Variasi Edisi Windows 7

Mulai dari Starter sampai Ultimate, Windows 7 memang punya beragam edisi. Masing-masing edisi tentu punya kelebihan masing-masing. Agar dapat bekerja dengan optimal, tentunya spAcer harus menginstall OS Windows 7 dengan edisi yang sesuai dengan kebutuhanmu. Makanya penting untuk mengetahui apa sih perbedaan antar edisi Windows 7 yang satu dengan yang lain.


Pada dasarnya, setiap edisi Windows 7 mempunyai fitur yang sama, namun fitur-fitur ini diaktifkan menyesuaikan dengan edisi-nya, jadi fitur tersebut baru aktif jika spAcer sudah melakukan upgrade ke edisi Windows 7 yang memang support fitur tersebut. Beberapa edisi dari Windows 7 adalah sebagai berikut:

Windows 7 Starter
Edisi ini adalah edisi Windows 7 yang mempunyai paling sedikit fitur diantara edisi lainnya. Windows 7 Starter hanya tersedia dalam versi 32-bit. Windows Aero theme tidak disertakan dalam edisi ini, selain itu spAcer tidak dapat mengubah  tampilan desktop wallpaper.
Windows 7 edisi Starter membuat netbook lebih mudah dan sederhana dengan fitur-fitur seperti Jump Lists, Pin, Snap dan Windows Search.

Windows 7 Home Basic
Windows 7 edisi Home Basic hanya tersedia di wilayah tertentu saja, yaitu 141 negara yang dianggap masuk dalam kategori ‘emerging markets’,  termasuk Indonesia. Fitur Windows Aero pada edisi ini sudah ada, namun terbatas pada beberapa fitur saja. User dapat mengganti desktop wallpaper pada edisi ini.

Windows 7 Home Premium
Selain sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang ada pada edisi sebelumnya, Windows 7 edisi Home Premium dilengkapi dengan Windows Media Center untuk memutar DVD, menonton dan merekam HDTV, dll serta sudah dilengkapi dengan Premium Games. Fitur Windows Aero pada edisi ini juga merupakan versi yang lengkap.

Windows 7 Professional
Edisi ini sangat cocok bagi spAcer yang memakai notebook atau komputernya untuk bekerja. Dengan banyaknya fitur yang didukung edisi ini, akan membantu user untuk lebih produktif dan menjaga file-file penting milikmu. Windows 7 edisi Professional dilengkapi dengan Encrypting File System (EFS) yang membuat user dapat menyimpan informasi di harddisk dalam encrypted format.  Edisi Professional juga dilengkapi dengan automatic backups’ untuk menjaga file-file milikmu spAcer!
Jika kamu sebelumnya pemakai Windows XP, maka tidak perlu khawatir, Windows 7 edisi ini dilengkapi dengan Windows XP Mode sehingga kamu dapat menggunakan sebagian besar Windows XP program yang kamu miliki di komputer dengan Windows 7 edisi ini.
Senang main game? Kalau begitu edisi ini juga cocok untuk kamu pakai spAcer. Windows 7 Professional dilengkapi dengan DirectX 11 untuk tampilan grafik game yang halus dan mengagumkan. 

Windows 7 Enterprise
Edisi ini lebih ditujukan bagi perusahaan yang memiliki kontrak Software Assurance dengan  Microsoft dan dijual lewat volume licensing (dijual kepada sebuah perusahaan / institusi berdasarkan kontrak dengan jumlah tertentu serta  dilengkapi seritifikat bukti kepemilikan).
Windows edisi ini kurang lebih memiliki fitur yang sama dengan Windows 7 edisi Ultimate, hanya berbeda pada masalah lisensi saja.

Windows 7 Ultimate
Edisi ini merupakan edisi Windows 7 yang paling kuat dan serbaguna diantara semua edisi Windows 7. Di dalamnya terdapat gabungan fitur entertainment yang dimiliki Windows home Premium dan kemampuan bisnis yang dimiliki Windows Professional, termasuk fitur Windows XP Mode. Untuk keamanan lebih, spAcer dapat meng-enkripsi data yang kamu miliki dengan fitur BitLocker Drive Encryption & BitLocker To Go. Bekerja dengan bahasa manapun jadi lebih fleksibel karena edisi ini dilengkapi dengan MUI language packs (35 bahasa).

Punya Anda yang mana?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar