06 Oktober 2013

Perbedaan RAM & ROM

ROM

Mengenal ROM dan RAM pada Smartphone

SpAcer tentu pernah mendengar sebutan ROM dan RAM di laptop milikmu dan mungkin memahami apa sih fungsi kedua hal tadi di laptopmu. Selain di laptop, di dalam smartphone juga terdapat ROM dan RAM lho spAcer. Lalu apa fungsi ROM dan RAM pada smartphone?


(Read Only Memory) ROM pada smartphone berfungsi sebagai memory untuk menyimpan data ataupun program. Memory yang tersimpan di ROM tidak akan hilang meski smartphone dalam kondisi mati. Semakin besar nilai ROM pada smartphone, maka semakin besar pula ruang yang tersedia untuk spAcer menginstall aplikasi di smartphone. Meski sebenarnya jika jumlah ROM terbatas, spAcer bisa mengalihkan aplikasi untuk disimpan di memori eksternal.

Berbeda dengan ROM, Random-access Memory (RAM) merupakan memory yang sifatnya sementara dan dipakai untuk menjalankan program. Saat smartphone dalam kedaan mati maka data di RAM akan hilang. Semakin besar nilai RAM pada sebuah smartphone, maka akan ada makin banyak program yang bisa kamu jalankan secara bersamaan tanpa membuatnya menjadi lambat, spAcer.

Sekarang kamu sudah memahami kan apa sih fungsi dari ROM dan RAM pada smartphone Acer milikmu? Untuk mengetahui kapasitas dari ROM atau RAM di smartphonemu, tanyakan spesifikasi langsung kepada penjual sebelum membeli atau tanyalah pada dr.Acer di blog ini, spAcer.



credit image: cspedia.com

(image hanya ilustrasi)

http://www.acerid.com/2013/02/mengenal-rom-dan-ram-pada-smartphone/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar