06 Oktober 2013

Membuat Watermark di Dokumen dengan Mudah



Punya dokumen atau gambar yang ingin kamu bagi pada orang, namun kamu tidak ingin orang tidak bertanggung jawab mengakui hasil kerja kamu sebagai milik mereka? Kalau begitu watermark bisa jadi salah satu solusi spAcer!

Watermark pada dokumen merupakan ‘penanda’ dan ‘pelindung’ dokumen dari orang-orang yang tidak berkepentingan. Watermark adalah identitas dari si pemilik dokumen. Jadi, tidak sembarangan orang dapat menggunakan dokumen yang memiliki watermark tanpa seizin pemilik sah dokumen tersebut, spAcer.


Ada dua cara mudah untuk membuat watermark di dokumen. Pertama, jika dokumen yang akan diberi watermark merupakan file dalam bentuk word, maka kamu tinggal memanfaatkan fitur watermark yang sudah tersedia pada Ms. Word. Caranya adalah sebagai berikut

Jika kamu pengguna Ms. Word 2003, maka masuk ke tab ‘Format’> ‘Background’ > ‘Printed Watermark’ > Kemudian pilih ‘Text Watermark’ dan atur sesuai keinginan kamu, apa tulisan yang akan tampil, jenis font, sampai layout pada file.
Jika kamu pengguna Ms. Word 2010, klik tab Page Layout > Watermark > Pilih Watermark yang sudah disediakan atau kamu dapat memilih Custom Watermark untuk membuat Watermark khusus milikmu.
Hasilnya akan jadi seperti ini (contoh)

Cara kedua untuk membuat watermark adalah menggunakan Adobe Photoshop. Tenang spAcer, jangan takut dulu mendengar kata Photoshop, cara yang digunakan cukup mudah kok. Kamu pasti bisa melakukannya. Langkahnya adalah sebagai berikut:

Buat dokumen baru dengan cara klik ‘File’> ‘New’ > Atur lebar dan panjang yang kamu inginkan (misalnya width: 300, height: 200) kemudian pilih ‘transparent’> ‘Ok’
Tulis kata yang ingin kamu jadikan watermark menggunakan ‘Type Tool’

Ketik kata yang ingin kamu jadikan watermark, pada contoh ini misalnya www.acerid.com

Nah, watermark sudah jadi. Tinggal save file ini dengan format .psd agar bisa di-edit lagi sewaktu-waktu ya spAcer.
Untuk menggunakan watermark ini, bukalah sebuah file gambar di photoshop, dan buka juga file watermark ini.

Masukkan watermark ke dalam gambar menggunakan ‘Move Tool’. Caranya, tinggal klik dan drag teks watermark ke arah gambar. Kemudian atur posisi watermark.

Setelah mengatur posisi yang kamu inginkan. Atur watermark agar menjadi agak transparan dengan menurunkan angka ‘Opacity’ yang ada di toolbar sebelah kanan.

http://www.acerid.com/2012/05/membuat-watermark-di-dokumen-dengan-mudah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar