06 Oktober 2013

Hindari Penipuan Melalui Facebook

Penipuan di Facebook yang Harus Dihindari

Pernah mendapat link-link aneh dari temanmu di Facebook atau mendapat laporan bahwa akun Facebook milikmu mengirim link-link aneh, spAcer?

Hal ini bisa terjadi jika kamu secara sengaja atau tidak sengaja meng-klik link di Facebook yang ternyata adalah link spam. Belakangan, hal ini marak terjadi di Facebook dan sudah cukup banyak orang yang mengalaminya. Biasanya link-link ini merupakan link penipuan (Facebook Scam) muncul dalam bentuk Facebook application yang mengiming-imingi hadiah atau sesuatu yang berharga untuk menjebak pengguna Facebook mengklik link tersebut. Jika terjebak, maka si korban akan mengirimkan link-link aneh atau tidak jelas kepada teman-temannya di Facebook.


Untuk menghindari hal ini terjadi padamu, kamu harus menghindari link-link penipuan yang ada di Facebook, spAcer! Berikut adalah daftar beberapa penipuan di Facebook yang harus kamu hindari:

Aplikasi untuk mengetahui  siapa  saja yang melihat profile Facebook kita.
Banyak sekali orang yang terjebak penipuan jenis ini. Link ini mengklaim bisa menunjukkan siapa saja orang yang melihat profile Facebook kita, meski pada nyatanya ketika kamu klik link tersebut, teman-teman Facebookmu akan mendapatkan pesan spam dan kamu tetap tidak dapat melihat siapa saja orang yang melihat profile Facebookmu.Facebook sendiri menyatakan bahwa mereka tidak menyediakan fungsi semacam ini dan tidak ada aplikasi pihak ketiga yang dapat menyediakan info semacam ini.

Terpilih sebagai pemenang gadget, voucher atau hadiah lainnya
Mendapat pesan bahwa kamu adalah pemenang terpilih dari perusahaan besar yang mengatakan kamu mendapatkan hadiah gadget padahal kamu tidak merasa pernah mengikuti kontes apapun? Hati-hati! Jika link tersebut tidak berasal dari halaman fanpage resmi brand tersebut, sangat besar kemungkinan hal tersebut adalah penipuan.

Video atau Foto ‘Menarik’
Mendapat postingan yang mengajak untuk melihat sebuah foto atau video yang diklaim ‘menarik’ juga merupakan salah satu penipuan yang marak terjadi di Facebook. Jika dari linknya saja kamu sudah merasa aneh, jangan sekali-kali mengklik link tersebut ya spAcer!

Gratis Facebook Credit
Facebook credit biasanya dapat dipakai untuk membeli item pada Facebook Game. Pada dasarnya Credit ini hanya bisa didapat jika kita membelinya. Jadi, jika ada link atau postingan yang menawarkan Facebook Credit gratis, hati-hati spAcer!

Butuh Bantuan Berupa Uang
Teman lama yang jarang berhubungan denganmu tiba-tiba chatting/mengirim private messagedan mengaku butuh bantuan berupa uang? Jangan langsung ditransfer, spAcer! Konfirmasi langsung secara offline kepada orang yang bersangkutan karena bisa jadi akun tersebut telah di-hack orang.

Jika kamu sudah terlanjur mengklik link-link yang menyebabkan kamu menyebarkan link spam, pastikan kamu menghapus segala link terkait yang muncul di timeline Facebook-mu. Selain itu, hilangkan juga aplikasi penipuan yang mungkin sudah masuk ke akun Facebookmu dengan masuk ke Account Settings>Apps> kemudian ‘Remove’ aplikasi yang mencurigakan. Periksa juga facebook fanpage mencurigakan yang tidak pernah kamu likes dan segera unlike.

Bagaimana mencegah atau mengatasi account Facebook yang di-hack oleh orang tidak bertanggung jawab? Baca juga artikel untuk mencegah account Facebook di-hack di sini, spAcer.

Penipuan yang terjadi di Facebook bentuk dan resikonya sangat beragam, mulai dari menyebarkan pesan spam, bahkan sampai mengambil akun Facebookmu. Setelah mengetahui jenis penipuan yang sering terjadi, kini saatnya kamu lebih hati-hati saat bermain Facebook ya spAcer.

http://www.acerid.com/2013/03/penipuan-di-facebook-yang-harus-dihindari/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar